Rabu, 18 November 2009

Shakira..

Shakira:Penyanyi dan Penari Berbakat
Kamis, 17 Januari 2008 10:17 WIB





Shakira Isabel Mebarak Ripoll lahir pada tanggal 2 Februari 1977 di Clinica Asuncion de Barranquilla (Colombia). Ayahnya, Don William Mebarak Chadid, adalah pria keturunan Lebanon, sedangkan ibunya, Nidia Rippoll Torrado, adalah orang Kolombia-Italia.

Kedua orangtuanya memberikan nama “Shakira” kepadanya, yang dalam bahasa Arab diambil dari kata “Shukram” yang berarti “Anugerah”. Dan nama Shakira diberikan kepadanya dengan harapan ia akan menjadi “wanita yang penuh dengan anugerah”.

Shakira memang sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya. Ia sebenarnya memang termasuk dalam kategori anak yang jenius, karena ia sudah dapat menulis sejak usia 18 bulan, dan telah dapat membaca tulisan dengan baik pada usia 3 tahun! Bahkan ia mengakui bahwa ketertarikannya pada dunia tari dimulai ketika ia berusia 4 tahun! Diakuinya, pada saat itu ia sedang mendengar beat musik Darbeque, dan ia berkata bahwa pinggulnya tidak dapat berhenti untuk menari dan bergoyang, karena itulah ia akhirnya belajar tarian perut pada usia 4 tahun.



Shakira memang senang jika orang menyebutkan mengenai IQnya, karena memang ia memiliki IQ yang tinggi, yaitu 140! Shakira mengenyam pendidikan formalnya di Sekolah Katolik La Essenza de Barranquila. Disana ia bukan hanya belajar Aritmatika dan Geografi, tetapi ia juga belajar pelajaran Agama Katolik. Meskipun ia adalah anak yang tergolong pandai, ia jarang terlihat serius di dalam kelas. Ketika guru mengajar, ia asyik menulis lirik lagu di bagian belakang bukunya, dan ketika bel istirahat berbunyi, ia adalah yang pertama keluar dari pintu kelasnya.

Shakira ketika masih kecil

Dalam hal musik, Shakira memang berprestasi. Ia merilis album pertamanya yang berjudul “Magia” pada tahun 1991, waktu itu penampilannya masih jadul banget! Pada tahun 1991, ia kembali merilis album yang berjudul “Peligro”. Tahun 1996, ia kembali merilis album barunya yang berjudul “ Pies Descalzos” yang berisi 11 lagu. Tahun 1997, ia merilis album “The Remixes” yang berisi 12 lagu. Pada tahun 1998, ia merilis album lagi yang berjudul “Donde Estan Los Ladrones”. Tahun 1999, ia kembali merilis album yang berjudul “MTV Unplugged”.

Shakira memang tidak berhenti berkarya, kalau pada tahun 1991-1999 semua lagu di dalam albumnya berbahasa Spanyol, pada tahun 2001 ia mulai memasukkan lagu-lagu yang berbahasa Inggris di dalam albumnya. Di dalam albumnya yang berjudul “Laundry Service” yang dirilis pada tahun 2001, lagunya yang berjudul “Whatever, Whenever” yang dinyanyikannya dalam bahasa Inggris menjadi hits di seluruh dunia, ditambah dengan tariannya yang khas, membuat lagu ini terkenal dimana-mana. Album “Laundry Service” sendiri terjual sebanyak 15 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2005, ia kembali merilis album berjudul “Fijacion Oral Vol 1” dan “Oral Fixation Vol 2”.


Shakira juga banyak membawa pulang penghargaan, seperti 2 kali memenangkan Grammy Award, 7 kali memenangkan Latin Grammy Award, dan pernah menjadi nominasi Golden Globe Award. Saat ini, Shakira adalah artis Latin yang paling mahal, dan ia adalah satu-satunya penyanyi dari Amerika Selatan yang meraih nomor satu di Billboard Hot 100, Australian ARIA Chart, The United World Chart, dan The UK Singles Chart.

Shakira juga memang memperhatikan dunia pendidikan. Karena itulah ia sekarang kuliah lagi di UCLA dengan mengambil jurusan Ilmu Sejarah Kebudayaan Barat Kuno. Di kampus, Shakira terkenal sangat low profile. Bahkan pada awalnya dosen di kampus tersebut tidak mengetahui bahwa ada mahasiswinya yang terkenal sebagai popstar.

Shakira juga perduli pada kegiatan sosial. Terbukti pada tahun 2007, ia berkunjung ke Bangladesh untuk mengunjungi para korban Cyclone Sidr. Ia menyempatkan selama 3 hari untuk mengunjungi anak-anak dan para korban bencana di sana. Ia juga mengunjungi sekolah yang dibangun oleh UNICEF dan juga membantu para korban dengan memberikan pakaian hangat dan perlengkapan yang dibutuhkan keluarga korban.

Sekarang marilah kita bersama-sama mendengarkan lagu ” Hips don't lie " yang merupakan salah satu lagu terpopuler dari Shakira...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar