Rabu, 18 November 2009

RIHANNA....

Rihanna: Penyanyi Muda Yang Penuh Prestasi
Senin, 21 Januari 2008 14:59 WIB





Rihanna yang memiliki nama lengkap Robyn Rihanna Fenty lahir pada tanggal 20 Februari 1988 di Saint Michael, Barbados. Ayahnya, Ronald Fenty, adalah keturunan Irlandia dan Afrika, sedangkan ibunya, Monica Fenty, adalah keturunan Guyana.

Rihanna memulai pendidikannya di Charles F.Broome Memorial School dan kemudian pindah ke Combermere School, dimana ia mulai menyalurkan bakat menyanyinya dengan membentuk trio dengan dua teman sekelasnya. Pada tahun 2004, Rihanna memenangkan Miss Combermere Beauty Pageant dan tampil di Colours of Combermere School, dengan menyanyikan lagu Mariah Carrey yang berjudul “Hero”.

Rihanna menemukan keberuntungannya ketika temannya memperkenalkannya pada produser musik Evan Rogers yang sedang berjalan-jalan di Barbados bersama istrinya. Pada saat itu usia Rihanna masih 15 tahun! Evan yang tertarik dengan suara Rihanna membantunya mengirim rekaman suara Rihanna ke beberapa perusahaan rekaman. Salah satu rekamannya dikirim ke Jay-Z, yang merupakan rapper terkenal di dunia. Jay-Z tertarik dengan rekaman Rihanna dan kemudian memasukkan Rihanna ke studio Def Jam Records.

Rihanna memang penuh dengan prestasi di usianya yang masih muda. Debutnya dimulai dengan merilis album “Music of the Sun” pada tanggal 11 Oktober 2005. Salah satu singlenya yang berjudul “Pon The Replay” menduduki posisi #2 di U.S Billboard Hot 100 dan UK Singles Chart. Majalah Rolling Stone mendeskripsikan Rihanna sebagai "poppy piece of dancehall reggae with slapping, syncopated beats recalling big-band jazz." Album “Music of The Sun” sendiri meraih top 10 di tangga lagu di Amerika Serikat dan Kanada, dan mendapat sertifikasi emas dari RIAA karena penjualan album sebanyak 500,000 kopi dan juga mendapat sertifikasi platinum karena penjualan album sebanyak 2,000,000 kopi di seluruh dunia!


Tahun 2006, Rihanna bekerja sama dengan banyak perusahaan terkenal, seperti Nike dan J.C Penney. Rihanna merilis album keduanya yang berjudul “A Girl Like Me” yang menduduki posisi ke 5 di tangga lagu di Amerika Serikat dan posisi ke 4 tangga lagu di UK. Singlenya yang berjudul “SOS” menduduki posisi #1 di Billboard Hot 100 Chart dan nomor 1 di Hot Digital Songs Chart. Lagu “SOS” sendiri meraih urutan pertama di Australia dan urutan kedua di UK. Single lainnya yang sukses di pasaran musik adalah “Unfaithful”, yang liriknya ditulis oleh penyanyi R&B terkenal Ne-Yo. Lagu tersebut juga meraih posisi top 10 di Amerika Serikat dan UK. Ia juga pernah berkolaborasi dengan salah satu personil Pussycat Doll yang bernama Nicole Scherzinger dalam lagu “Winning Women” yang dipakai untuk promosi produk “Secret”, yang merupakan produk deodorant khusus wanita dari P&G.

Selain dunia tarik suara, Rihanna juga mencoba dunia perfilman. Ia pernah tampil sebagai cameo di film “Bring It On: All or Nothing” dan juga tampil dalam opera sabun “All My Children” di Amerika Serikat dan film drama yang berjudul “Las Vegas”.


Dalam video klip lagu "Umbrella"

Rihanna memang penuh prestasi. Pada tahun 2007, ia kembali merilis album ketiganya yang berjudul “Good Girl Gone Bad”. Album itu dirilis pada tanggal 5 Juni 2007 dan menampilakan Jay-Z dan Ne-Yo sebagai bintang tamu. Singlenya yang berjudul “Umbrella” yang juga merupakan kolaborasi dengan Jay-Z menduduki peringkat pertama di banyak negara, dan di Amerika Serikat sendiri menduduki peringkat pertama selama 10 minggu! Lagu “Umbrella” sendiri merupakan lagu tersukses di tahun 2007, dan meraih 8,160,000 poin di United World Chart. 7 minggu setelah album “Good Girl Gone Bad” dirilis, album tersebut meraih platinum di Amerika Serikat dan 3 kali meraih platinum di United World Albums Chart.

Di tahun 2007, Rihanna meraih penghargaan World Music Awards dengan kategori World's Best-Selling Pop Female Artist & Entertainer of the Year. Pada tanggal 18 November 2007, ia memenangkan penghargaan American Music Awards dengan kategori Favorite Female Artist - Soul/R&B. Lagu Rihanna yang berjudul “Shut Up and Drive” memenangkan best R&B song dalam People’s Choice Award 2008.

Rihanna juga meraih 6 nominasi Grammy Awards, yaitu Record of The Year, Song of The Year, dan Best Rap/Sung Collaboration untuk lagu “Umbrella”, Best R&B Song, Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals untuk lagu “Hate That I Love You” dan Best Dance Recording untuk lagu “Don’t Stop The Music”

Rihanna juga meraih penghargaan bergengsi, yaitu MTV Video Music Awards 2007 untuk kategori Video of The Year dan Monster Single of The Year untuk lagu “Umbrella”. Pada waktu itu Rihanna hadir dengan gaun berwarna merah muda yang manis.


Rihanna pada saat memenangkan penghargaan MTV VMA 2007


Rihanna siap memulai tournya di tahun 2008. Pada tanggal 26 Januari, ia akan tampil di NRJ Awards di Cannes, Perancis. Pada tanggal 3 Februari ia akan tampil di Z100 Radio Show di Atlantis, Bahamas. Tanggal 7 Februari ia akan tampil dalam acara Grammy InStyle Performance, dan tanggal 10 Februari ia akan tampil dalam acara bergengsi Grammy Awards di Los Angeles. Tanggal 20 Februari, ia akan terbang ke London untuk menghadiri Brit Awards. Tanggal 23 Februari, ia akan tampil dalam Bob Marley Tribute Concert di Jamaica, dan pada tanggal 26-27 Februari, ia akan mengadakan konser di Dublin, Irlandia. Bulan Maret sepertinya Rihanna lebih banyak memfokuskan tournya di negara-negara Eropa. Pada tanggal 2 Maret, ia akan mengadakan konser di Belfast. Tanggal 3-7 Maret ia akan mengadakan konser di UK. Tanggal 11 Maret, ia akan mengadakan konser di Denmark dan dilanjutkan tanggal 12 Maret di Stockholm, Swedia. Tanggal 14 Maret ia akan mengadakan konser di Helsinki, Finlandia dan dilanjutkan pada tanggal 16 Maret di Tallin, Estonia. Pada tanggal 17 Maret, ia akan mengadakan konser di Riga, Latvia. Benar-benar cewek yang sibuk ya?

Rihanna memang penuh prestasi! Saat usianya belum mencapai 20 tahun, ia sudah merilis album terkenal dan memenangkan banyak penghargaan!! Rihanna memang gadis yang berprestasi dan penuh talenta. Karena itu, tidak salah apabila banyak orang mengagumi lagu-lagunya.

Marilah kita mendengarkan lagu kolaborasi Rihanna dengan Jay-Z yang memenangkan “Video of The Year” dalam ajang MTV Movie Awards 2007!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar